INFO DAGING

Tim i-Humor's picture

Bagi rekan-rekan yang suka ke Fast Food atau yang gemar Tongseng/gulai Kambing, ada info kesehatan yang bisa menambah gizi yang akan dimakan. Ini berdasarkan pengalaman dan pegamatan.

  1. Daging ayam goreng lebih enak bagian paha kiri daripada paha kanan. Karena kekuatan beraktivitas lebih banyak menggunakan paha kanannya; sehingga serat-serat ototnya lebih kuat dan kaku akibatnya, banyak protein dan sumber gizi lainnya lebih banyak terserap di paha kanan. Sehingga tentu saja paha kiri jauh lebih empuk dan bergizi tinggi. Makanya kalo ke restoran, misalnya berniat makan ayam goreng, minta yang paha, tapi paha kiri. (Paha kiri ada tulisan "Left" di pojok bawah kiri, dan paha kanan ada tulisan "Right" di pojok bawah kanan)
  2. Potongan daging ayam yang dipelihara, jauh lebih gurih dibandingkan ayam yang kehidupannya terancam (misalnya suka dikejar-kejar, suka ditimpuk-timpuk anak kecil). Makanya kalo pelihara ayam biar dagingnya enak dan gurih serta tidak liat harus dipelihara baik. Saatnya dia makan yaaa dilepas, saatnya harus tidur yaaa dikurung, jangan sampe dia jadi stres karena dikejar-kejar. Kalo ayam terlalu banyak kena stres, terlalu banyak dikejar-kejar ditimpuk batu karena bikin kotor rumah tetangga, otot-ototnya jadi besar (hipertrofi), energi banyak terkuras, akibatnya kalo di makan jadi liat dan tidak gurih; lain dengan ayam-ayam yang mendapat perlakuan baik. (Perhatikan ada tulisan "Poor" untuk ayam yang malang nasibnya, dan "Happy" untuk ayam yang bahagia.)
  3. Daging ayam yang berkepribadian bebas jauh lebih enak dari pada ayam yang makanannya dibatasi. Bebaskan ayam makan apa saja. Jangan memingit ayam jika masih mau mengharapkan dagingnya gurih. Dengan membatasi makanan ayam akan mempengaruhi cita rasa daging ayam itu sendiri. Kalo ayam senang makan di comberan/got, biarkan saja! Karena diversifikasi pangan bagi ayam akan berbanding lurus dengan rasa daging ayam itu sendiri jika dimakan. Itulah sebabnya, ayam kampung lebih enak daripada ayam broiler. (Ada label tulisan "Free Syle" untuk ayam yang memiliki kepribadian bebas, dan ada label tulisan "psycho" untuk ayam yang hidupnya selalu dipaksa dan dibatasi)
  4. Daging kambing yang sudah akil balik jauh lebih enak dibandingkan daging kambing yang sudah 3 kali atau lebih kawin. Makanya, kalo mau beli sate kambing tanya ini kambingnya sudah akil balik belum? Jangan percaya begitu saja dengan tulisan kambing muda, karena belum tentu bener-bener muda, apalagi cuma berdasarkan paras aja ...susah!! (Kalo kambingnya baby face gimana?)

Mulailah mengecek label-label ini mulai dari makan siang nanti...

Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya. (Amsal 1:32)

Sumber: Kiriman dari Ronny L.A. <ronnyla@>.

Tinggalkan Komentar