TERTAWALAH SEBELUM PENYAKIT MENYERANG JANTUNG!

Tim i-Humor's picture

Apabila Anda termasuk orang yang riang, yang suka tertawa (tidak terus-terusan lho!), maka beruntunglah Anda. Karena menurut penelitian -- meskipun sebenarnya hal ini sudah diketahui secara umum -- tertawa itu obat yang paling mujarab untuk penyakit jantung. Ungkapan bahwa tertawa itu obat yang mujarab untuk penyakit, ternyata memang benar. Bahkan seorang dokter dari Universitas Maryland di Baltimore, Michael Miller, melakukan penelitian khusus terhadap hubungan ini. Di hadapan pertemuan Asosiasi Jantung Amerika Serikat, Miller mengungkapkan bahwa tertawa bisa menghasilkan suatu zat kimia yang dapat melancarkan peredaran pembuluh darah.

"Ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan suatu hubungan antara tertawa dan penyakit jantung. Bukan hanya ha.....ha.....ha.....nya saja, tetapi juga pengaruhnya yang bisa membuat jantung 'tertawa' juga". Penelitian itu dilakukan dengan mewawancarai 150 orang yang menderita serangan jantung di masa lalunya dan juga pasien yang sedang menjalani perawatan jantung. Ke 150 pasien itu dibandingkan dengan 150 orang lainnya yang memiliki usia yang sama tetapi tidak menderita penyakit jantung. Pertanyaan yang diajukan kepada mereka merupakan tes standard saja, yang digunakan untuk mengukur humor mereka sehari-hari. Misalnya saja, bagaimana perasaan mereka ketika datang ke sebuah pesta dan ternyata ada orang yang pakaiannya sama.

"Pertanyaan lainnya, jika Anda dibangunkan pada malam hari oleh rekan Anda dari luar kota yang sudah lama tidak pernah Anda jumpai, bagaimana respon Anda", tanya Miller. Dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu, menurut Miller, diketahui bahwa para penderita jantung kekurangan sekitar 40% sampai 45% keinginan mereka untuk tertawa menanggapi situasi seperti itu. Itulah sebabnya Miller berharap, suatu hari kelak tertawa bisa dijadikan salah satu terapi pengobatan.

"Walau demikian, sejauh ini masih belum diketahui apakah ada keuntungannya jika dalam keadaan marah tetapi memaksakan diri tertawa, walau mungkin ini merupakan cara efektif dan cara yang praktis bagi orang untuk mengurangi perasaan ketidaknyamanan atau kesal untuk meningkatkan respon humor mereka dan meningkatkan tertawa mereka dalam kehidupan ini", kata Miller. Ia menambahkan, "Sebagaimana latihan tubuh lainnya, latihan tertawa agar otot-otot tertawa bisa lemas, bisa juga dilakukan dengan teratur. Selain itu, cobalah untuk sedikit mengendorkan urat syaraf dan sedikit rileks". Miller dan timnya saat ini sedang meneliti peran zat kimia hasil dari tertawa tersebut, yang kemungkinan adalah nitri oksida, yang berfungsi untuk melancarakan peredaran darah. Zat nitri oksida biasanya digunakan untuk menenangkan pasien penyakit gigi. Tetapi sekarang sudah mulai dipakai untuk obat jantung. Jika tertawa bisa memperlancar peredaran pembuluh darah, lalu mengapa terjadi penyumbatan?.

Menurut Miller, perasaan marah dan kesal merupakan salah satu penyebab yang menghambat zat kimia itu tidak bisa keluar, sehingga terjadilah penyumbatan. Itulah sebabnya, para lelaki sebaiknya jangan suka marah-marah. Lindungilah jantung Anda.

 

Sumber: http://www.freelists.org/archives/kepalabatu/01-2002/msg00029.html

Tinggalkan Komentar