MANFAAT MENANGIS

Tim i-Humor's picture

Apakah laki-laki boleh menangis? ya tentunya. Menangis bukan hanya boleh dilakukan oleh perempuan saja, dan menangis bukan pertanda kalau seseorang itu lemah. Banyak hal yang bisa membuat kita menangis mulai dari senang, sedih, terharu, saat melihat hal-hal yang menyentuh perasaan; entah menonton film, mengupas bawang, kena merica, kena debu saat naik kendaraan bahkan ketika kita ngantuk.

Menangis sudah dilakukan oleh manusia sejak lahir, bayi lahir harus menangis, kalau tidak bisa berbahaya. Kadang suster atau dokter memukul-mukul kecil di pantat bayi atau di bagian tubuh secara halus supaya bayi merasakan rangsangan dan menangis. Menangis menjadi bahasa seorang bayi untuk berkomunikasi dengan orang tuanya dan orang disekitarnya, ketika lapar, haus, ingin "BAB", tidak suka melihat orang dihadapannya atau ingin mendapat perhatian dari orang tuanya. Ketika kita sudah besar sering diidentikkan kalau menangis adalah hal yang lemah apalagi bagi kaum adam. Padahal (mungkin) banyak laki-laki yang menangis saat nonton film, saat melihat hal-hal yang membuatnya terharu, bahkan saat bergembira.

Banyak manfaat menangis yang secara langsung dapat kita rasakan, berikut ini manfaat menangis yang dikutip dari web [1]:

  1. Membersihkan mata

    Fungsi utama air mata adalah membuat indera penglihatan kita menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahi bola mata dan kelopak mata, tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. Saat mengeluarkan air mata, mata Anda sebenarnya sedang dalam proses pembersihan. Hal itu membuat kotoran yang menempel pada mata ikut keluar melalui air mata dan mata pun menjadi bersih.

  2. Membunuh bakteri

    Air mata mengandung lysozyme, yaitu cairan yang bisa membunuh 90 -- 95 persen bakteri dalam waktu 5 hingga 10 menit. Jadi, saat Anda mengeluarkan air mata, secara otomatis bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa memicu iritasi pada mata.

  3. Menstabilkan mood

    Apakah Anda tahu kadar zat mangan dalam tubuh? Tingginya kadar mangan dalam tubuh bisa memicu mood yang tidak satabil, kekhawatiran berlebihan, dan perasaan yang sensitif. Nah, dengan menangis kadar mangan dalam tubuh Anda bisa diturunkan dan membuatnya dalam keadaan normal. Selain itu, air mata yang keluar saat Anda dalam keadaan emosi, mengandung 24% protein albumin yang berfungsi membawa molekul racun keluar dari tubuh.

  4. Menurunkan stres

    Menangis bisa membuat tingkat stres yang Anda alami menurun. Hal itu karena saat menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh Anda yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin akan berkurang. Berlaku sebaliknya, jika Anda menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan naik dan bisa berdampak pada kesehatan seperti masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu mungkin dari menangis emosi kita tercurahkan, akibatnya point 3 -- 4 diatas dapat berefek pada diri kita. Pada point satu sering dirasakan ketika naik motor dan ada serangga atau benda yang masuk ke dalam mata dengan sendirinya mata mengeluarkan air mata sehingga kuman atau benda asing dapat dikeluarkan. Selain itu menangis bisa menjadi pertanda kondisi tubuh kita terkadang saat badan panas, saat ngantuk kita mengeluarkan air mata. Jadi tidak usah malu jika kita menangis karena bukan gambaran kalau seseorang itu lemah saat menangis bahkan dari menangis pun Tuhan sudah mengatur manfaatnya bagi diri kita dan sangat luar biasa manfaatnya.

Sumber kutipan [1]: esqmagazine.com

Tinggalkan Komentar