Tertawa itu Sehat!

Tim i-Humor's picture

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang periang lebih sehat daripada pemurung. Orang yang banyak tertawa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih imun terhadap infeksi. Hal ini karena otak Anda melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang memiliki efek mengurangi sakit dan menenangkan. Tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, memperbaiki kerja otak dan meningkatkan fleksibilitas otot.

Tertawa adalah salah satu keterampilan hebat manusia yang tidak dimiliki hewan. Dengan tertawa, Anda membuat perspektif baru terhadap diri sendiri. Masalah besar yang menumpuk tiba-tiba menjadi lebih kecil. Dengan memandang masalahnya dari kaca mata yang positif maka Anda lebih dapat menemukan solusinya karena pikiran Anda tidak lagi tertekan. Yang lebih penting dari semuanya, tertawa itu gratis dan tidak memiliki efek samping!

Beberapa tips untuk meningkatkan tawa Anda:

1. Pandanglah hidup Anda dengan ringan. Tersenyumlah untuk diri sendiri.

2. Tersenyumlah saat bertemu orang-orang. Senyum adalah awal dari tawa dan, seperti tawa, bersifat menular.

3. Bergaullah dengan orang yang memiliki selera humor tinggi, maka Anda akan lebih sering tertawa.

4. Bersikaplah positif terhadap kesalahan. Setiap orang kadang-kadang membuat kesalahan. Tetaplah dalam perspektif dan beranilah untuk menertawakan kesalahan Anda.

5. Syukuri hidup Anda. Buatlah daftar kenikmatan dan berkah yang Anda miliki dalam hidup. Tindakan sederhana ini akan menjauhkan Anda dari pikiran negatif yang menghalangi tawa.

6. Bila Anda mendengar tawa, bergabunglah ke sana. Kadang-kadang humor dan lelucon bersifat pribadi di antara sekelompok kecil orang, namun biasanya tidak. Orang biasanya senang untuk berbagi sesuatu yang lucu. Ketika mendengar seseorang tertawa, tanyakan padanya, “Apanya yang lucu?” Anda pun bisa berbagi tawa dengannya.

[Sumber diambil dan disunting dari: http://majalahkesehatan.com/tertawa-itu-sehat/]

Tinggalkan Komentar