MELIHAT HUMOR DARI DUA SISI

Humor adalah salah satu hal yang sangat penting. Mengapa? Sebab, humor bisa mendatangkan banyak manfaat positif. Salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan mental. Penelitian yang telah dilakukan oleh Thorson d.k.k. pada tahun 1997 menemukan hubungan positif antara rasa humor dengan keadaan psikologis individu. Rasa humor juga dapat mencegah kondisi tertekan yang dapat menyebabkan depresi.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh Samson dan James pada tahun 2002 menjelaskan bahwa tidak semua humor dapat menghasilkan efek positif karena humor dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu humor positif dan humor negatif. Penelitian tersebut didasari atas penjelasan Freud yang menekankan bahwa humor memiliki fenomena yang berbeda-beda, seperti lelucon, sindiran maupun ejekan. Bagi Freud sendiri, humor merujuk pada simpati, toleransi, serta tindakan berupa hiburan ketika menanggapi hal-hal yang tidak sempurna yang ada di dunia, maupun kekurangan indvidu secara umum.

Freud juga menjelaskan bahwa humor positif berupa humor yang mengandung kebaikan dan tidak menunjukkan sikap bermusuhan. Humor positif berhubungan dengan psikologi kesehatan dan kebahagiaan diri (seperti kepercayaan diri, emosi positif dan optimisme) sementara humor negatif berkaitan dengan emosi negatif (seperti depresi dan kecemasan). Humor negatif bersifat agresif dan mengabaikan orang lain.

Berdasarkan hal tersebut, maka Samson dan James menjelaskan bahwa hanya humor positif yang dapat mempengaruhi kesehatan mental. Penelitian yang berkaitan dengan humor juga menjelaskan bahwa humor dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah stres karena humor dapat menjadi kekuatan untuk menangkal emosi negatif yang timbul. Selain itu, humor juga dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut dan cemas. Dalam novel Harry Potter, J. K. Rowling menciptakan sebuah mantra untuk menangkal rasa takut, yaitu dengan membayangkan hal yang ditakuti berubah menjadi hal yang lucu. Ternyata, dalam dunia nyata, hal tersebut memang bermanfaat. Humor dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut juga rasa cemas.

Ventis dan Murdock menjelaskan bahwa Humor akan menimbulkan rasa percaya diri dan keberanian untuk menghadapi situasi yang mengancam atau menakutkan. Rasa humor yang digunakan untuk menghadapi ketakutan juga dapat membangun keberanian dalam pikiran individu sehingga individu lebih berani menghadapi situasi yang menakutkan.

Diambil dari:
Nama situs : IndoPositive
Alamat URL : http://www.indopositive.org/2016/08/melihat-humor-dari-dua-sisi.html
Judul artikel : Melihat Humor Dari Dua Sisi
Penulis artikel : Mimi Nurilmi
Tanggal akses : 8 Mei 2017

Tinggalkan Komentar