Artikel i-Humor

Tim i-Humor's picture

KACAUNYA TUBUH MANUSIA SAAT CEKIKIKAN

Dalam porsi yang wajar, tertawa cekikikan bisa menyehatkan. Bukan hanya meredakan stres, tawa lepas saat mendengar atau melihat sesuatu yang lucu juga menyebabkan banyak proses dalam tubuh manusia mengalami kekacauan. Seberapa kacau?

Proses lucu itu sendiri dimulai dari otak. Begitu otaknya tergelitik, prosesnya langsung menjalar ke mana-mana. Mulai dari otot-otot wajah di sekitar mata dan mulut, diafragma di rongga dada, hingga sistem hormonal semuanya berubah untuk sejenak.

Tim i-Humor's picture

TERTAWA ATASI STRESS DAN KEBOSANAN

Selama tertawa tidak dilarang, maka tertawalah. Sebab tertawa bisa memberikan berbagai manfaat positif bagi tubuh. Tapi ingat, meski tertawa itu sehat jangan sampai Anda tertawa berlebihan hingga menganggu orang lain. Tertawa itu tidak harus dengan suara keras kok.

Berikut ini beberapa manfaat tertawa seperti dikutip dari huffingtonpost, Senin (22/4)

Selain mengurangi ketengangan otot, tertawa juga bisa meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung. Bahkan meski Anda hanya tertawa palsu saat mendengar lelucon rekan Anda, itu sudah memberi manfaat lho.

Tim i-Humor's picture

10 FAKTA UNIK TENTANG TERTAWA

1. Anak-anak tertawa lebih banyak dari pada orang dewasa. Anak-anak tertawa 400 kali dalam sehari sedangkan orang dewasa hanya sekitar 15 kali.

2. Lelucon membantu anak mengenal berbagai hal seperti hubungan sebab-akibat, perbendaharaan kata yang baru, etika sosial, dan lain-lain.

3. Anak yang memiliki selera humor yang baik memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan teman-teman sebayanya.

4. Wanita tertawa 126% lebih banyak dari laki-laki

Tim i-Humor's picture

HUMOR SEHAT MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

Tertawa merupakan tindakan yang bermanfaat bagi siapa saja, karena tersenyum dan tertawa dapat menurunkan tingkat stress Anda. Selain Anda dapat memancarkan reputasi yang ramah, tertawa dapat mengubah suasana tegang menjadi rileks.

Humor di tempat kerja dapat menjadi bumbu pelezat karir Anda, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tawa dan humor di tempat kerja. Apa saja itu?

Tim i-Humor's picture

10 ALASAN HUMOR MENJADI KUNCI SUKSES DI TEMPAT KERJA

Humor tidak hanya diklaim sebagai faktor hidup sehat. Humor juga diklaim menjadi salah satu kunci sukses di tempat kerja. Michael Kerr, seorang pembicara bisnis kelas internasional dan pengarang buku “Humor Advantage: Why Some Businesses are Laughing all the Way to the Bank” (2013) mengatakan banyak tipe humor yang bisa dimanfaatkan untuk membangun suasana kerja yang kondusif. Namun, humor juga harus ditempatkan dalam kondisi yang pas agar tidak kontraproduktif.

Berikut adalah alasan-alasan mengapa humor bisa menjadi salah satu kunci sukses di tempat kerja:

Tim i-Humor's picture

Tertawa Adalah Olahraga

Tertawa selain menjadi kegiatan spontan yang menyenangkan ternyata juga memiliki efek sama seperti olahraga. Hal ini diungkapkan dalam sejumlah peneliti Loma Linda university Schools of Allied Health. Studi yang melibatkan 14 relawan sehat selama tiga minggu ini menunjukkan tertawa tidak hanya menurunkan produksi hormon stres, tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan tekanan darah.

Para relawan dalam penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi "Biologi Eksperimental" 2010 ini dibagi menjadi dua kelompok, di mana ada yang memilih menonton satu video bergenre humor dan film yang memicu ketegangan. Selama studi, para peneliti rutin mengukur tekanan darah serta mengambil sampel darah relawan setiap sebelum dan sesudah menonton film.

Tim i-Humor's picture

Inilah 10 Arti Senyum :)

Sudahkah Anda senyum untuk hari ini? Senyum yang tulus, datang dari hati yang tulus. Suatu senyum yang ikhlas dan menceriakan adalah suatu ibadah. Tersenyumlah! Karena senyum itu tidak mahal. Senyum terjadi hanya sekejap, tetapi kenangannya kadang berlangsung selamanya.

Senyum membuat Anda lebih menarik. Orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik. Orang yang suka tersenyum membuat perasaan orang di sekitarnya nyaman dan senang. Orang yang selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang di sekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yang banyak tersenyum memiliki banyak teman.

Tim i-Humor's picture

Tertawa itu Sehat!

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang periang lebih sehat daripada pemurung. Orang yang banyak tertawa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih imun terhadap infeksi. Hal ini karena otak Anda melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang memiliki efek mengurangi sakit dan menenangkan. Tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, memperbaiki kerja otak dan meningkatkan fleksibilitas otot.

Tim i-Humor's picture

HUMOR DALAM KOTBAH

Oleh: Daniel Ronda

Bulan Desember ini saya ditelepon seorang panitia Natal untuk berkotbah di gerejanya. Setelah saya menyetujui karena memang belum ada jadwal, maka panitia menitip pesan kepada saya agar dalam kotbah agar banyak diberikan humor. Berkali-kali dalam telepon itu dia menekankan agar saya melucu. Saya mengiyakan, namun hal ini membuat saya bertanya-tanya, apakah dia memerlukan pengkotbah atau pelawak? Bagaimana sebenarnya kedudukan humor dalam kotbah?

PERNAHKAH KRISTUS TERTAWA?

Hati yang gembira membuat muka Berseri-seri (Amsal 15:13).

Pernahkan Kristus tertawa? Kita cenderung membayangkan Kristus sebagai sosok yang serius dan anti humor. Paling tidak, jika kita mengambil kesimpulan dari perilaku para pengikut-Nya.

Tinggalkan Komentar