Apa Gaya Humor Anda?

Tim i-Humor's picture

Di dalam taruhan kepribadian masa kini, tidak ada yang lebih tinggi nilainya daripada rasa humor. Kita mencarinya di dalam orang lain dan bangga mengakuinya jika itu ada pada diri kita, mungkin bahkan lebih tinggi daripada berwajah cantik/tampan atau pintar. Jika seseorang memiliki rasa humor yang tinggi, kita menganggap, itu artinya mereka bahagia, percaya diri secara sosial, dan memiliki perspektif hidup yang baik.

Sikap ini akan mengejutkan orang-orang Yunani kuno, yang percaya bahwa humor pada intinya adalah agresif. Dan faktanya, kekaguman kita terhadap bakat komedi adalah relatif baru, dan tidak begitu banyak ditemukan, kata Rod Martin, seorang ahli psikologi di University of Western Ontario yang meneliti cara orang-orang memakai humor. Menjadi lucu belum tentu menjadi indikator tentang keterampilan sosial yang baik dan keberadaan yang baik, penelitiannya menunjukkan -- bisa saja sama dengan sebuah tanda dari kerusakan kepribadian.

Dia menemukan bahwa humor adalah pedang bermata dua. Bisa menempa relasi yang lebih baik dan menolong Anda menghadapi hidup, atau bisa menjadi bahan perusak, memakan habis keyakinan diri dan melawan orang lain. "Itu merupakan sebuah bentuk komunikasi, seperti percakapan, dan kita semua menggunakannya dengan berbeda-beda," kata Martin. Kita memasukkan humor untuk meningkatkan koneksi sosial kita -- tetapi kita juga mungkin menggunakannya sebagai cara untuk mengeluarkan atau menolak pihak luar. Demikian juga, humor yang bernada negatif terkadang bisa menjadi respons yang adaptif dan baik: para pegawai yang menderita di bawah atasan yang kejam akan sering membuat pekerjaan lebih bisa ditanggung dengan secara sembunyi-sembunyi menertawakan penindas mereka.

Meskipun humor pada intinya adalah bersifat sosial, cara Anda menggunakannya memberitahu banyak hal tentang pemahaman diri Anda sendiri. Mereka yang memakai humor yang mengalahkan diri sendiri, menertawakan diri sendiri untuk dinikmati orang lain, cenderung untuk mempertahankan permusuhan terhadap diri mereka sendiri bahkan ketika sendirian. Demikian juga, mereka yang bisa memandang dunia dengan toleransi yang membuat orang tertawa seringkali sama dengan memaklumi kekurangan mereka sendiri.

Humor Bernada Negatif

Tipe humor yang agresif ini digunakan untuk mengkritik dan memanipulasi orang lain melalui sindiran, sindiran tajam dan ejekan. Ketika tujuannya menentang politikus seperti Ann Coulter, itu adalah menggembirakan dan tidak merugikan sama sekali. Akan tetapi, di dunia nyata, itu memiliki dampak yang lebih tajam. Humor bernada negatif, seperti memberitahu teman sebuah cerita yang memalukan tentang teman lain, adalah cara yang secara sosial bisa diterima untuk menyebarkan serangan dan membuat orang lain tampak buruk agar Anda terlihat baik.

Ketika ditantang karena sindiran mereka, orang yang melakukan humor bernada negatif seringkali menggunakan pembelaan "hanya bercanda", membiarkan penindas menghindari tanggung jawab bahkan seperti ejekan yang tajam. Martin menemukan tidak ada bukti bahwa mereka yang mengandalkan tipe humor ini kurang rasional. Namun, memang ini membahayakan relasi-relasi pribadi.

Humor yang Menyatukan

Terasa menyenangkan bila ada dekat dengan orang-orang yang menggunakan humor yang menyatukan; mereka mengatakan hal-hal yang membuat kita tertawa, mengatakan lelucon, memasukkan senda gurau yang cerdas, dan secara umum menyemangati. Mereka adalah orang-orang yang memberi nama baik kepada humor. Mereka dirasakan sebagai orang yang hangat, membumi, dan ramah, baik untuk mengurangi ketegangan di tengah keadaan yang tidak nyaman dan bisa menertawakan kesalahan mereka sendiri.

Pembawa acara Talk Show dan komedian, Ellen DeGeneres merangkul audiensnya dengan menceritakan humor yang sifatnya baik dan berkaitan. Pesan dasarnya adalah: kita sama, kita mendapati hal-hal yang sama lucu dan kita ada di dalam ini bersama-sama.

Meskipun demikian, humor yang menyatukan bisa memiliki sisi buruk. Bagaimanapun juga, perasaan keterlibatan bisa menjadi lebih manis dengan mengetahui bahwa ada orang lain yang di luar. J.F.K. (Mantan Presiden AS pada era 60-an -Red.) dan saudara-saudaranya seringkali mengundang kenalan yang dibenci pada liburan bersama mereka; mereka sopan di depan, tetapi di belakang, saudara-saudara itu akan kompak mengejek tamu yang tidak beruntung itu.

Humor Bencilah-Aku

Pada gaya humor ini, Anda adalah sasaran lelucon untuk menjadi hiburan bagi orang lain. Seringkali dikembangkan oleh orang-orang yang ingin menyenangkan diri mereka sendiri, ini adalah lucunya badut terkenal atau "orang gemuk" yang kita sukai dalam John Belushi dan Chris Farley -- keduanya menderita karena kesuksesan mereka. Dosis yang kecil dari hal itu adalah menawan, tetapi dari yang sedikit menjadi terus-menerus: secara rutin memberikan diri Anda sendiri dipermalukan akan menggilas rasa menghargai diri Anda sendiri, menumbuhkan depresi, dan kecemasan. Itu juga bisa meledak sebelum waktunya dengan membuat orang lain merasa tidak nyaman, seperti pada Nicholas Kuiper dari University of Western Ontario. Dia mengemukakan bahwa itu bisa mengingatkan orang lain mengenai kecenderungan diri mereka sendiri terhadap kritik diri sendiri.

Farley, yang meninggal di usia 33 akibat kelebihan dosis, memiliki selintas kebencian pada diri sendiri. "Chris memilik kenikmatan instan yang dia dapatkan saat menyenangkan orang lain selama waktu yang panjang membahayakan dirinya sendiri," tulis saudaranya setelah kematiannya. Intinya: unggul dalam gaya humor ini bisa mendapatkan undangan-undangan pesta, tetapi pastinya memeras harga yang tinggi.

Menertawakan Kehidupan

Ketika kita mengagumi seseorang yang "tidak menganggap dirinya sendiri terlalu serius", ini adalah temperamen yang sedang kita bicarakan. Lebih dari sekadar sebuah cara menghubungkan ke orang lain, ini adalah sebuah prisma yang mewarnai dunia dalam corak yang lebih menyenangkan. Seseorang dengan penampilan ini menyebarkan humor untuk mengatasi tantangan, mundur satu langkah dan menertawakan keadaan yang bukan-bukan di dalam hidup sehari-hari. The Onion adalah sebuah gudang humor baik yang ramah ini. Seorang penulis tetap artikel di surat kabar Dave Barry menyempurnakannya dengan katanya yang tepat seperti ini: "Memancing itu membosankan, sampai Anda menangkap ikan yang sesungguhnya, maka itu adalah memuakkan."

Penelitian-penelitian yang mengaitkan rasa humor dengan kesehatan yang baik mungkin mengukur fenomena ini; ketika Anda memiliki perspektif yang miring, adalah sulit untuk terus merasa cemas atau bermusuhan untuk jangka waktu yang lama. Martin menyebutnya "humor yang meningkatkan-diri sendiri", karena Anda tidak membutuhkan orang lain untuk menghibur Anda –- jika sesuatu yang aneh atau mengganggu terjadi, Anda secara sempurna bisa menertawakannya sendiri.
(t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Psychology Today
Alamat URL: https://www.psychologytoday.com/articles/200607/whats-your-humor-style
Judul asli artikel: What's Your Humor Style?
Penulis artikel: Louise Dobson
Tanggal akses: 4 April 2017

Tinggalkan Komentar