4 MANFAAT STAND UP COMEDY DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Mungkin sebagian orang menganggap stand up comedy terlihat mudah dengan hanya berdiri di depan dan menceritakan hal-hal lucu. Padahal, untuk melakukan stand up comedy atau komedi tunggal, Anda harus memiliki kemampuan public speaking atau bicara depan publik yang mumpuni. Ini bukan hanya soal materi cerita lucu saja.

Stand up comedy membawakan lawakanya seorang diri dengan cara bermonolog. Selain itu, stand up comedy juga memiliki beragam istilah yang tak semudah dibayangkan, seperti set up (bagian tidak lucu dari sebuah lawakan yang berfungsi untuk pancing penonton agar penasaran), punch (bagian yang lucu dari sebuah bit), dan rule of three (format suatu bit yang memberi tiga contoh sesuatu).

Hal tersebut menandakan bahwa stand up comedy bukanlah kegiatan yang bisa dipandang sebelah mata. Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Sabtu (2/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari stand up comedy untuk kehidupan sehari-hari.

1. Bekerja dengan emosi untuk membangun ikatan dengan audiens

Sebagian besar orang mendambakan untuk bisa terhubung dengan sesamanya sehingga bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut dan membentuk ikatan. Jika Anda pernah menonton acara lawakan, pada awal acara mereka langsung menceritakan hal yang memalukan. Hal tersebut dilakukan agar para penonton bisa langsung menerima kekurangan mereka. Jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa memulai perbincangan dengan cerita yang berhubungan dan nyata.

2. Gunakan suara Anda untuk melukis sebuah gambaran dalam pikiran orang

Komedian mengandalkan suara untuk mengambil perhatian khalayak dan membuat gambaran pada pikiran mereka sendiri. Mereka menggunakan deskripsi yang bahkan sangat rinci serta memodulasi suara agar penonton berimajinasi. Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apa yang dilakukan pelaku komedi tunggal perihal berkomunikasi dengan rinci dan penekanan nada agar lawan bicara Anda bisa berimajinasi akan pesan yang disampaikan.

3. Bahasa tubuh adalah alat yang ampuh

Banyak komedian yang saat beraksi memilih menggunakan stand mikrofon agar mereka bebas menunjukkan gestur tubuh. Seorang pelawak yang juga mengandalkan bahasa tubuh akan memperkuat pesan serta imajinasi kepada para penontonnya. Tanpa perlu membuatnya terlalu berlebihan, Anda pun bisa mengoptimalkan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dengan sesama.

4. Pesan yang terstruktur

Para pelaku komedi tunggal selalu memerhatikan struktur pesan ketika mereka berpidato sehingga mereka bisa menyebutkan kembali materi yang telah disebutkan pada bagian akhir. Hal tersebut disengaja karena penonton sudah akrab dengan lelucon sebelumnya. Anda bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan membuat pesan yang terstruktur sehingga lebih fokus dan konsentrasi penonton terjaga.

Diambil dari:
Nama situs : Liputan6.com
Alamat URL : http://lifestyle.liputan6.com/read/2544891/4-manfaat-stand-up-comedy-dalam-kehidupan-sehari-hari
Judul artikel : 4 Manfaat Stand Up Comedy dalam Kehidupan Sehari-hari
Penulis artikel : Firman Fernando Silaban
Tanggal akses : 3 April 2017

Tinggalkan Komentar